>

Monday, March 10, 2008

MUBAZIR?

Waktu kecil,gw inget banget,kalo nyokap suka marah kalau gw makan gak habis
Mubazir katanya,walaupun dengan ditakut-takuti kalo gak habis ntar nasinya nangis wekekeke
Kalo dipikir emang bener juga
Setidaknya kita latihan menakar kebutuhan kita
Dan juga mengingatkan kita kalo ada banyak orang yg susah untuk makan

Satu kali waktu jaman kuliah gw nginep di rumah temen yg kebetulan orang berada
Setelah begadang bikin tugas,pagi2 pembantunya mengantarkan sarapan nasi goreng kekamar
Waktu itu kita betiga
Gw dengan temen gw yg satu lagi,bukan tuan rumah,terkagum kagum ngeliat nasi goreng yg disiapkan dengan rapih ala sarapan hotel
Karena lapar gw santap aja semua sampe ludes des des
Temen gw langsung negor,eh man itu tomat,timun dan seladanya lo makan juga
Ya iyalah
Terus dia bilang itukan hanya untuk hiasan
Hmm....part of table manner kah gw pikir
Ntah kenapa gw langsung inget pesen nyokap waktu kecil,makan harus dihabisin
Gw gak tega ngeliat tomat dan timun yg telah dipotong rapi itu akan dibuang ke tempat sampah

Setelah didunia kerja,gw makin sering ngeliat "hiasan-hiasan" ini kalo lagi ketemu orang direstoran
Tapi atas nama "kesopanan" dan takut dituduh kampungan,hiasan2 tersebut tak saya sentuh

Art Cookery kah?Seni boga?
Apapunlah
Sebuah label "manner" yg membiasakan kita untuk mubazir?
Gw lebih prefer agar makanan tersebut tidak dihias saja
Atau mungkin dihias dari part bahan makanan yg tidak bisa dimakan,perhaps?
Mungkin pake kulit atau tangkainya

Walau "sekedar" tomat atau timun,tetap aja namanya makanan
Disatu pihak kita diajarkan untuk tidak "terlihat" rakus saat kita tengah jamuan makan dengan orang2 yg so-called berkelas
Kesopanan........tapi mubazir

Ah ngapain gw pusing mikirin kayak gini
Emang paling nikmat makan dirumah
Mau piringnya dijilat sampe licin juga gak masalah


Saturday, March 8, 2008

Ayat ayatnya Ayat-ayat Cinta


Tadi gw nonton satu acara live band di sebuah TV swasta
Kamera gak sengaja nangkep salah satu penonton wanita,ABG,yg tengah menenteng novel Ayat-ayat cinta
Gw jadi senyum sendiri
Impact film ini sama besarnya dengan Ada apa dengan cinta
Dimana waktu itu semua merasa berbakat menulis puisi
But heck,ini sisi baik dari impact film2 tersebut
Untungnya setelah nonton film kuntilanak,tidak ada yg obsesed buat jadi kuntilanak
Gw gak bakal meresensi film ini,karena gw yakin lu semua dah pada nonton (sok yakin)
Dan gw gak bakal nyari2 cacat film ini,karena dimata gw film ini cukup berhasil sebagai tontonan yang mampu membius orang mau berantri-ria buat beli tiket,dan ternyata cukup banyak memberi inspirasi bagi penontonnya
Semua orang bilang,gak sebagus novelnya
Coba deh lu bikin film sendiri,adaptasi dari komik strip pendek aja,gak usah novel
Satu lagi yg bikin gw takjub dari film ini,baru pertama kali gw liat bioskop gak cuma penuh sesak dengan ABG2 centil,atau mahasiswa dan pacarnya,tapi juga EMAK-EMAK dan BAPAK-BAPAK
Gosh,katakanlah jelangkung sangat sukses,atau AADC luar biasa laris,tapi baru film ini yg bisa menarik perhatian emak2
Dan cuma film ini yg bisa bikin orang nangis,bukan karena si tokoh utama ditinggalkan pacar,atau dikhianati teman,etc,etc
Tapi cuma ni film yg bisa bikin orang nangis ngeliat ketegaran tokoh aisya yg mencoba ikhlas,atau perjuangan maria diujung skratul maut untuk tetap iman dan islam
Dan ada satu temen gw yg bilang ni film ini kacrut,well,middle finger for you man,karena lu belum pernah bikin film sama sekali
Nah,tinggal kita liat,apakah setelah suksesnya ayat ayat cinta,para makelar india lainnya akan latah memproduseri film2 yg serupa,setelah era film horror sudah sangat memuakkan?atau masih tetap bertahan di komedi seksual?
Gak perlu mak erot dan fantasi remaja2 tanggung yg haus sex untuk bikin film bagus a.k.a laku
Sedikit menyinggung teknis,dimata gw,untuk ukuran film komersil,film ini,secara teknis,bagus (kayak pak tino sidin aja) diatas rata2.faozan rizal lumayan pol sebagai DOP difilm ini.Good job man

Tuesday, February 12, 2008

Ballerina's Killer

Ini project gw yg agak terbengkalai karena kerjaan laen
Minggu lalu band ini minta sedikit bagian divideo clip untuk sedikit preview,yah semacam teaser lah
Konsepnya?hmm...nilai sendirilah
Judulnya "Elegi sepagi ini"
Mudah2an bisa gw lanjutin dalam waktu dekat


Wednesday, February 6, 2008

Komedi seksual??

Ok,setelah era horor dan cinta remaja,lalu "gelombang" film indonesia bergeser ke...err..komedi seksual(gw lupa siapa yg pernah nulis genre ini)
Setelah disuguhi Quickie Express,lalu muncullah kawin kontrak
Dan berikutnya,sebentar lagi kita akan di suguhi film monti tiwa,Antara aku kau dan mak erot
Apaan sih ni semua?
Latah kah?
Dalam sebuah acara behind the scene monti tiwa berkomentar tentang adegan ciuman dalam film mak erotnya itu "gini deh,kapan lagi sih lo ciuman dan dibayar?"

Mungkin memang wajar Masyarakat Film Indonesia menggugat Lembaga Sensor Film,sementara film berbagi suami harus dipotong adegan yg dianggap "tak pantas",sementara banyak adegan jorok tak bermakna dalam film lain masih diloloskan

Dan herannya dulu,ya dulu,ketika film buruan cium gw beredar,banyak pihak protes karena judul dan adegan ciuman
Tapi sekarang,justru TIDAK ADA YG MERIBUTKAN film2 yg jelas2 mengumbar seksual,walau dibalut dalam komedi

Apa karena komedi maka tema seksual banyak diloloskan?

Kita lihat saja,setelah antara aku kau dan mak erot,apakah akan ada lagi film2 komedi seksual yg akan nongol
Biasanya sih banyak yg latah.....

Monday, January 7, 2008

Bangka Snapshot

Snapshots from my raw-video material for bangka project
Still trying to tweak and clolor-grading it with apple color
Well,i'm new with this hardware and software
Still got a lot lot to learn...gosh,color grading is quite frustrating
Perlu kesabaran yak...





Sunday, January 6, 2008

Visit musi pt.2

Ok,tadi gw buka blog gw ternyata dah ada comment di thread visit musi gw
Sebuah comment yg menyampah nyamapahi gw
Actually,gw gak keberatan dgn commentnya,tapi...ni orang gak punya cukup keberanian untuk menunjukkan identitas dirinya
Isi commentnya?well,doi ngamuk2 ngamuk dan menuding gw gak punya kebanggaan,pesismis dan sarkas( yang lucunya justru dia sendiri dgn amat sarkas mengomentari blog gw wekekeke)
Gw dan asisten gw baca comment dia dgn terbahak bahak
Menurut beliau,yg sangat berani ini,saya hanya sampah masyarakat yg tidak punya pengalaman dalam pembangunan dan kehidupan nyata
Jadi bingung,sebenarnya yg gak punya pengalaman itu siapa yak?
harusnya kalo beliau mau jujur dan membuka mata,akui saja bahwa memang kita tidak punya tempat wisata yg bisa dijual
Gak punya kebanggan?well,gw bangga dgn pempek atau kain songket palembang,tapi gw gak bangga dgn sebuah program yg diadakan dgn MAKSA
Coba deh,saudara commentator yg punya banyak pengalaman dgn pembangunan ini terjun langsung dan tanyakan dgn masyarakat awam,yg tidak terlibat dalam proses pembangunan,apa iya mereka care dgn program visit musi?
Sejauh ini komen yg saya dengar cuma "apola yg nak dijual dari palembang ni?"
Gw sama asisten gw curiga,ni orang pasti ada keterlibatan langsung dgn program visit musi
Karena kebanyakan masyarakat cuma ketawa liat slogan2 visit musi
Dan kenyataannya memang orang2 diluar palembang sendiri bingung,apa sih yg bisa mereka liat di palemabang?
Yg bikin mereka tertarik hanya pempek,martabak har,songket
Benteng kuto besak?
Ni pendapat rekan gw yg datang kesini "Apa yg diliat yak dari benteng ini?"
Jadiiiii,saudara commentator yg cinta mati dengan pembangunan palembang,mbok ya ngaca
We love palembang,we love pempek,we love wak ya,wak pet and gang,we love songket,we love pekasam,but we don't like Visit Musi programme
Jadi,jangan kaitkan sikap kami yg apatis dgn program tolol itu dgn kecintaan dan kebanggaan kami dgn palembang
Satu lagi,kalo memang merasa bisa beropini lebih baik,bikinlah blog sendiri
Jangan cuma bisa sembunyi dan mengomentari blog orang lain
Lagian gw bingung,kok elu bisa nyasar ke blog gw,gak ada kerjaan,kesian amat sih lu
Coba deh elu googling, dan liat komentar orang tentang program visit musi
Dan hampir semua sepakat,visit musi adalah program yg TIDAK MATANG
Launching yg hura2 dan menjual artis2 ibukota,gw rasa semua juga setuju,bukan itu yg harus dibuat untuk launching program ini
Kenapa gak suruh artisnya lomba bidar?atau lomba bikin pekasam?Setidaknya lebih kontekstual dgn program visit musi nya
BUKAN SEKEDAR NYANYI2 GAK KERUAN!! KITA MENJUAL PALEMBANG,BUKAN NIDJI DAN CATHY!!
Kalo emang elu concern dgn pembangunan,mbok ya duit 5 milyar buat acara hura2 itu dialokasikan untuk pembangunan.Nah elu bisa apa?dah berbuat apa?
Strategi marketing yg CUPU.Katanya pengalaman dalam bidang pembangunan dan kehidupan nyata
Punti kayu,BKB,etc,etc,menurut gw emang gak menarik kok,
Sungai musi?cuma menarik kalo ada lomba bidar
Jauh lebih menarik mie celor di 26 ilir
Harusnya elu tuh sadar,yg sampah itu elu,oportunis yg cuma bisa ngambil kesempatan
So,start your own blog,and write down your thoughts
Pengalaman dalam kehidupan nyata?nah elu ngasih identitas aja gak berani,tapi berani menjudge orang gak punya pengalaman,kasian,semoga tokai masyarakat kayak elu cuma ada satu di palembang ini,atau kalo perlu kita usir,ok?wakakakaka
Isi blog gw mencerminkan pribadi gw?jelas dong,gw berani beropini tanpa menutup identitas gw,gak kayak elu.pengecut wekekeke
Dan comment lo mencermikan pribadi lo juga.Top notch!Two thumbs up!Salute!


Merindukanmu - Minoru

Lagu lama dr minoru (kemana nih band yak?)

"Disini sendiri jauh darimu
Kulewati malam sepi menghujam
Tanpamu kurasakan mati
tak seperti saat kau disini
kumerindukanmu "

Saturday, January 5, 2008

VISIT MUSI??

Ok,visit musi...sungguh gw gak habis pikir
Ini program apa sih sebenarnya?Visit musi?mempromosikan sungai musi?promosi wisata sumatera selatan?
Apa yg mau dipromosikan???
Sungai musi yg coklat pekat?
Benteng kuto besak?what the....
Punti kayu?oh,please
Danau ranau?gosh...jauhnyaaaa

Dari lahir gw ada dikota ini,dan sampe sekarang gw gak nemuin tempat wisata disini
Tempat wisata dalam artian sesungguhnya,bukan kawasan yg dipaksakan untuk jadi tempat wisata
Bukan danau yg menyeramkan,tanpa sarana pendukung,bukan hutan biasa yg dikasih loket untuk karcis masuk,atau benteng peninggalan jaman belanda yg menurut gw lebih cocok untuk dikunjungi arkeolog atau sejarahwan
We don't have beach,nor beautiful mountain
We don't have great lakes,etc,etc
kita gak punya tempat wisata!!kita cuma terkenal akan pempek dan betujahan
Lalu apa yg mau dijual dari program visit musi?bullshit....
Wisata sungai dgn menaiki perahu?apa yg mau liat?kapal yg mengangkut batu bara?atau tokai yg jatuh kesungai dari mck?
Oh,iya pulau kemaro...errk...liat kelenteng?
gosh.....
Kenapa gak bikin program Pempek year,atau tekwan weeks,or perhaps lenggang festival?
Atau mungkin songket days?
Ini lagi,launching visit musi,yg diselenggarakan oleh prensenter terkenal asal palembang itu
Menggelikan,launching program wisata,tapi malah parade artis ibukota
hanya sebuah acara konser band,yg "kebetulan" diadakan dipalembang
Padahal disiarkan secaar nasional,bukan palembang yg dijual,malah artis2 ibukota
Gosh....Dana sebesar 5 milyar(kalo gak salah) cuma dihamburkan untuk konser
Kenapa dana tersebut tidak digunakan untuk memeperbaiki tempat2 yg katanya tempat wisata itu
Atau untuk memeperbaiki infrastruktur dan sarana penunjang
Ada lagi yg lucu,tak jauh dari masjid agung ada spanduk besar bertuliskan " Palembang,masterpiece of asia" BWAHAHAHAHAHA
Gila apa,masterpiece of indonesia,bahkan sumatera aja kayaknya belum pantas,ini malah ngakunya seasia
Kok bisa2nya mereka berkoar kayak gitu ya
Ampun...program ini sungguh absurd

Adalah seorang teman yg bertugas kepalembang
Tadinya dia berencana untuk menghabiskan waktu seminggu dipalembang setelah tugasnya selesai
Rencananya mau keliling dan berwisata dipalembang
Tapi setelah dua hari disini,dia memutuskan untuk pulang
Dia cuma bilang,palembang sangat gersang,dalam artian,tak ada tempat wisata menarik untuk dikunjungi
Gw cuma bisa ketawa....

Bangka,beautiful bitc,,,errk,beaches

Harus diakui,pantai2 dibangka bener2 bagus
masih perawan,bersih,dan sepi
heran kenapa orang2 bilang pantai di bali bagus
sumpeh,kagak ada apa2nya dibanding pantai2 bangka
kelemahannya cuma satau,eh dua
pertama,gak bisa dipake maen surf,karena dasar lautnya kebanyakan karang
kedua,infrastruktur yg kurang mendukung
entah bego atau apa,promosi pariwisata dibangka nyaris gak terdengar
padahal,banyaaaak banget lokasi yg SEHARUSNYA bisa jadi andalan pariwisata bangka
sayang....dibanding palembang yg tidak ada tempat wisata,dan ironisnya malah berkoar koar untuk mengkampanyekan visit musi....sungai yg kotor dan tidak menarik
malah bangka lebih terkenal dengan ehm.."amoy"2nya
well,..helloooo,pemerintah bangka,you have so many jewels,yg belum terasah,yg bisa dijual untuk meningkatkan pendapatan
tapi,gw rasa bagus juga bangka kurang promosi,kalo gak nasibnya bakal sama dgn bali,kotor dan ramai
Buat kamu yg belum pernah kebangka,dan mencintai wisata pantai yg masih alami dan natural,bangka is highly recommended


A trip to bangka pt.2

ok,nih poto2nya waktu dibangka
Narsis?tentu dongs hahahaha
Camera,roll,action!!