Friday, August 24, 2007

Inovatif

Kalau dipikir,bangsa ini memang tak pernah jadi pioneer dalam bidang apapun
Most of us just a follower
Lebih spesifik lagi dibidang design
Dulu waktu sebelum Carson mulai jadi virus dgn style nya,tidak terbesit dikepala kita utk bereskperimen seperti apa yg dilakukan carson
Barulah setelah Raygun mneyebar diseluruh dunia,semua mulai mengekor
Belakangan,tren vektor mulai mendominasi,hampir semua design,baik grafis atau motion,ikut bervektor ria
Entah karena tidak punya cukup waktu untuk eksplor karena dikejar deadline,atau karena tuntutan client yg melihat trend apa yg sedang happening

Dulu,seorang teman pernah bilang,kita tak pernah bisa jadi inovatif dalam berkarya karena ada yg salah dengan pola pikir kita dalam proses mendesign
Sadar atau tidak,kebanyakan dari kita,termasuk saya, akan berpikir begini kalau mendesign "Gue pengen bikin yg kayak itu" atau "gw pengennya kayak si anu" yg tentu saja "itu" dan "anu" adalah orang2 atau style2 yg telah menjadi milestone
Lihat bagaimana iklan2 mencoba meniru bullet time setelah wachowski menyuguhkannya dalam film Matrix
Bahkan baru2 ini saya sempat melihat TVC yg mencoba meniru film 300,dgn sentuhan indonesia
Memang bukan hal yg haram.Toh semua juga berproses dgn awal meniru
Influence akan orang atau design2 tertentu mungkin akan terlihat seperti meniru
Bedanya,kadang influence sering tidak kita sadari
dan ini juga yg membedakan dengan pola pikir "pengen bikin kayak si anu"

Harus saya sadari,kadang2 memang terasa gatal untuk mencoba apa yg telah orang lain buat
ada semacam tantangan dari kecintaan akan sebuah design tertentu
Tapi apa yg lebih penting menurut saya adalah,menempatkan goal kita untuk bisa lebih dari apa yg menjadi panutan tersebut (yeah ,right)
Memang bukan hal yg mudah utk tidak berpikir "pengen bikin kayak anu"
Tapi bagi saya paling tidak masih bisa berpikir begini "saya akan bermain main dgn dasar style si anu"
Bikin kayak si anu,tapi teruskan dgn bereksperimen dan bermain main didalamnya
Memang tidak menjadikan saya inovatif,atau pioneer
Tapi tidak menjadikan saya seorang plagiat
Memang,bangsa ini tidak akan jadi pioneer
Dan kita semua tetap akan berpikir "Bikin kayak si anu"

Problem Solving

Menarik ucapan mario teguh semalam
Ada kerancuan antara Menyelesaikan masalah dan Menyesuaikan diri dengan masalah
Kadang kita merasa dgn menyesuaikan diri dgn masalah,kita telah menyelesaikan masalah
Misal,Karena kekurangan uang,kita berhemat
Berhemat bukan menyelesaikan masalah,tapi menyesuaikan diri dgn masalah
Problem solving nya adalah,bagaimana mengupayakan agar pendapatan kita meningkat
Dan kerancuan inilah yg sering kali membuat kita kerap bertemu dgn masalah yg sama
Saya sendiri terus menerus bertemu dgn masalah yg sama
Mungkin juga karena apa yg saya buat hanyalah penyesuaian,kompromi,bukan penyelesaian
Tapi apa yg lebih penting sebelumnya,adalah menemukan masalah itu sendiri
Kadang kita juga salah persepsi dgn masalah yg kita hadapi karena ketidakmampuan menemukan inti masalah
Well,masalah ada dikepala,jadi jangan gunakan kaki untuk berlari

Wednesday, August 22, 2007

REVIEW:PAPRIKA



Nama Satoshi Kon adalah jaminan sebuah tontonan animasi yg tidak biasa
termasuk karya yg ditunggu selain gibli studio dan katsuhiro otomo
ya,ketiga nama ini memang biasanya tidak membuat karya Typical-anime
Kesamaan ketiganya,very cinematic
Film ini baru gw dapet DVD nya,padahal film ini dirilis tahun 2006.Dan tentu saja DVD bajakan
Kalau kamu pernah nonton film2 sathosi sebelumnya,maka nuansa yg kamu dapat dari film ini tidak jauh berbeda...Happy sick people
If you're not familiar with the name,You should try "Perfect Blue","Millenium Actress" and "Tokyo Godfather"
Perfect Blue is a Top Notch!

Paprika bercerita tentang mimpi.Diceritakan bahwa telah ditemukannya alat yg bernama DC mini yg bisa memvisualisasikan mimpi seseorang.
Alat ini ditujukan untuk membantu terapi psikoanalisis dengan cara mengeksplor alam bawah sadar seseorang
tapi dalam proses pengembangannya,alat ini telah di hijack dan dicuri oleh seseorang dan digunakan untuk memanipulasi mimpi seseorang dengan cara masuk kedalam mimpi orang tersebut dan mengambil alih kesadarannya
Mau tidak mau proyek ini harus dihentikan karena dianggap dapat membahayakan
Disaat yg sama muncul karakter imajiner yg muncul dalam mimpi bernama paprika
Paprika hadir sebagai sebagai terapis dalam mimpi seseorang
Paprika sendiri sebenarnya adalah alter-ego dari salah satu tim pengembang DC mini,Dr. Atsuko
Bersama rekan kerjanya,Tokita( yang super gendut),Atsuko mencoba mencari tahu siapa yg mencoba mengambil alih mimpi tersebut
Awalnya tokita mencurigai Himuro,asistennya,yg kemudian ditemukannya dalam keadaan seperti tak bernyawa.himuro terjebak dalam mimpinya sendiri dan tak pernah bangun
Tokita mencoba masuk kedalam mimpi himuro untuk "menyadarkannya",but alas,tokita pun terjebak dalam mimpinya disaat dia menemukan bahwa himuro pun sebenarnya telah dijebak
Keadaan makin kacau karena mimpi2 mulai blend,menjadi satu
Mimpi yg satu terintegrasi dengan mimpi2 lainnya
Dan lebih kacau lagi karena antara mimpi dan kenyataan mulai menyatu
Seisi kota mulai masuk kealam mimpi
Dan inilah yg menjadi tujuan utama dari orang yg menghijack mimpi tersebut (baiknya gak gw kasih tau siapa)
Difilm ini juga diceritakan tentang seorang detektif yg tengah mengeksplorasi alam bawah sadarnya dibawah bimbingan paprika
Detektif ini juga pada akhirnya akan membantu Dr.Atsuko
In the end,Paprika Saves the day,yay.......
Ada banyak lagi detail yg kayaknya gak harus gw ceritain.Mending ditonton deh
Basically,film ini tetap fun ditonton.Tidak berat dan lamban(atau mungkin gw yg gak nangkep isi filmnya)
Sayang,dunia mimpi yg digambarkan kurang terasa sureal.terlalu jelas dan tertata
and i still don't get it,mengapa alam bawah sadar dan mimpi digambarkan dgn mainan,boneka,and all those cute stuffs(walaupun terlihat menakutkan)

Anyway,it's worth watching.Not better than Perfect Blue or millenium Actress,but still good though.Style dan kualitas animasinya tetap sama

Friday, August 17, 2007

New iMac AAAAARRRRGH!!!!


Nooooo!!!I want one!!!
Makin tipis,makin stylish,dan tentu saja lebih powerful
Ada yg mau beliin?

Reviews : The Number 23,unsolved number(?)


Ini film terakhir yg gw tonton,setengah jam yg lalu
tentu saja karena kata si abang yg jual dvd nya gambar nya sudah Ori wekekeke,go piracy
Ini film ketiga jim carey yg berakting serius setelah cable guy dan eternal sunshines(gosh,really love this film)
somehow tetap aneh dan gak biasa liat carey gak bertingkah dgn rubber face nya
diluar itu,di film ini carey cukup berhasil melepas julukan rubber face nya
ni film sebenarnya gak terlalu spesial.thriller?i dont think so
more like a phsycological drama
alur ceritanya paralel antara carey sekarang dan masa lalunya,yg dihubungkan oleh sebuah novel yg diberikan istri carey waktu ultahnya
pelan pelan carey menemukan banyak kesamaan dantara cerita di novel dan masa lalunya
dan yg membuat dia penasaran adalah angka 23
disebutkan bahwa angka 23 memiliki kemisteriusan
mulai dari namanya,yg setelah dihitung ternyata 23
tanggal lahirnya 3 februari,which is 2 and 3,23
umur carey ketika ketemu istrinya,23 tahun
dan banyak lagi
tak cuma itu,segala macam kejadian didunia ternyata juga memiliki angka 23
angka inilah yg pada akhirnya menghantui carey untuk mencoba menguak ada apa dgn angka tersebut
well,at least sampe 2/3 film
karena pada akhirnya cerita film ini lebih fokus ke masa lalu carey
dan meninggalkan misteri dibalik angka 23
sampe akhir film,angka 23 tetap misterius
damn
Rating gw 2/5
Tadinya gw berharap film ini lebih menguak ada apa dgn angka 23,bukan cerita karakter yg diperankan carey
No too special,dan gak chillin' seperti posternya
Btw ini ada beberapa fakta ttg angka 23,yg ternyata katanya memiliki makna misterius,wallahualam
Klik disini

Thursday, August 16, 2007

MAC or just MAC-ish

Tadi gak sengaja gw baca salah satu blog
ngebahas,gimana sekarang sudah amat banyak org punya mac jika dibanding era powermac
semua karena intel
coba aja nongkrong di salah satu hotspot,rata-rata membawa latop berwarna putih dgn logo Apple
tapi coba liat ke lcd nya.....windows
rata rata mac owner sekarang semua memakai bootcamp
bahkan menurut blog yg gw baca,90% mac owner menginstall bootcamp
semua karena mereka ingin tetap menggunakan windows tapi tidak ketinggalan trend memakai mac
well,gw akui gw juga pernah menginstall windows on my macpro,with bootcamp,yg sekarang justru membuat kinerja macpro gw jadi ngedrop
tapi pada akhirnya gw kembali ke mac os
hey,i didnt spent my money to buy macpro to use windows
it's an apple,and mac os what makes it better than microsucks
memang,semua menginstall windows pada mac nya karena : software windows lebih banyak dan lebih mudah didapat
but,helloooo,why dont you just buy a PC instead

"aduh,kalau gw install windows,mac gw kena virus gak ya?"
ini juga yg paling sering didengar dari para bootcamp user
i'm not sure THERE ARE,or even IS a single virus that might become a menace for you mac
gw gak habis pikir,mac os is a very very simple os,well diluar programming developer nya,tapi untuk pengguna sehari hari,or even a pro,mac os tetap lebih user friendly dari microsucks
apalagi hanya untuk menggunakan aplikasi2 office
even office looks better on mac
mau dibandingkan dgn iWorks nya mac?office gak ada apa2nya
disatu pihak,migrasinya apple ke intel adalah hal yg menyenangkan,karena produk desktop dan notebook apple,mungkin,untuk sebagian orang jadi realtif  lebih affordable
tapi untuk menjadikan windows on mac,atau hanya sekedar casing fashion,rasanya adalah hal yg tolol
karena apa yg ditawarkan mac os jauh,jauh lebih menyenangkan daripada microsucks windows
you dont even have to worry with those brontox's familes
you don't have to worry about spies,or malicious registries
you can even install any software much,much more easier,as easy as you uninstall them
and you can have a very beautiful desktop with so many ways to arrange it,that not even a single other OS can compete

windows VISTA?
Do you know what Vista stands for?
Visual Imitation Similar To Apple wakakakaka

"but,lack of games on mac!"
gosh,you would use your mac as gaming computer?
i'd buy a 3 millions rupiahs PC at mangga dua for game,not on my mac

last,you dont even have to pay for Mac Os
karenanya,tidak akan ada razia2 seperti yg gencar dilakukan Microsucks

 so,Why windows on your Mac?

soalnya di mac os gak ada software anu dan anu
well,buy a Toshiba or an HP then

and i'm getting tired with my friends and relatives who keep asking me the same question
"windows di mac udah beres belum ya?"

i'm not saying that mac os is much superior than other os
but once again,USE YOU MAC AS A MAC
then you'd realize that doing your works with you mac is much more fun and easy,yet more stable than those with windows in it

Wednesday, August 15, 2007

My other short movie



This one called "Flat"
Made it 2 years ago
well,didn't impressed much at hellofest last year though kekeke

film ini sempat gw post di webnya onthe lot
you can check it out HERE
gak ada yg nge review kayaknya wakakaka

My short movie


Phew,akhirnya kelar juga
My latest short animated movie,it's called "doel". Tadinya judulnya "my brother,dul"
tapi karena satu dan lain hal,cukup disingkat Doel aja
Naaah,gak ada hubungannya dgn sinetron betawi itu
meskipun sudah kelar,masih harus diisi sound
gak tau kenapa,belum dapet juga sound dan music score yg pas
Ini mungkin film pendek terlama yg pernah gw bikin
It started last year,dan disiapkan utk ikut hellofest tahun lalu
emang gw bikin film ini rada males2an.susah buat nemuin mood nya
dan secara teknis,lebih ribet,karena menggunakan teknik tradisional,manually hand drawn
dan lagi gak punya cukup waktu karena kerjaan
The best part of creating something is,when you have other people to interprete or even enjoying your works
My friends told me me that this "doel" doesn't look like my "thing"
Selama ini selalunya karya2 gw dinilai gelap dan suram,walaupun menurut gw masih tetap gelap dan suram juga
it's kinda fun how to create a new things aside from your behaviour
Jujur gw juga gak puas dgn film ini
banyak scene yg harus gw ilangin karena terbentur kendala teknis
harus gw akui gw gak jago gambar manual
belum lagi kualitas motion nya yg jelek
well,paling gak dah kelar juga nih film
i'll try to post it at youtube
and,please support it at Festival Film Animasi Indonesia oktober nanti
can't wait to start another project heuheuhue

Masalah

Belakangan gw lagi banyak bingung
Beberapa masalah tidak terselesaikan
Malah jadi makin ruwet
Susah untuk membuat keputusan
Seharusnya masalah untuk dihadapi,bukan ditinggalkan tanpa diselesaikan
Tapi entah kenapa,banyak dari kita cuma bisa lari
Hidup tanpa masalah,bukan hidup namanya
Gw percaya,jika semua masalah bisa dilewati,secara gak langsung "level" kita dalam menghadapi masalah akan meningkat
Lucu jika diingat,bahwa dulu beberapa masalah terasa berat
Tapi jika diingat sekarang,masalah2 tersebut gak ada apa2nya
Kadang ketakutan2 kita menjadi irasional jika menghadapi sebuah masalah
Dan ketakutan2 ini yg sering kali membuat kita lari dari kenyataan yg harus dihadapi
Beginilah hidup,tanpa adanya "gelombang"2 tersebut mungkin hidup akan terasa hambar
Seperti kata seorang teman,mau hidup tanpa masalah?Silakan tinggal sendiri ditengah hutan
padahal untuk hidup sendiri ditengah hutan saja adalah sebuah masalah...

Iphone..pengen,tapiii.....


Ini dia,The Most wanted gadget awal tahun ini
what makes it sooo interesting?
well,..beside that apple logo,which is a guarantee of a stylish product,its new "sensitive touchscreen" is a great "it factor" that makes everyone wants to have one (yang ditiru oleh HTC dgn product Touch nya)
Sialnya,HP ini belum bisa dipake di Indonesia,karena para unlocker2 kita di Roxy belum bisa meng-unlock HP ini
so,gadget ini cuma bisa dipake buat MP3 player,wifi,youtube player,...errk....yang gak bisa cuma satu,fungsi handphone nya.
which is crucial,cos it's an IPHONE!!
Awal launching produk ini,di internet banyak yg nawarin,dengan banrol sekitar 11-15jt
Padahal harga resmi dibanrol sekitar $499
Sekarang harga dah jauh turun akibat belum bisa diunlock
terakhir ada yg nawarin 5 jutaan
yeah right,5 juta untuk sebuah HP yg cuma berfungsi sebagai MP3 player.gak worth banget.mending beli ipod
Gimanapun juga Iphone is soooooooooooo cool,design HP terbaik sejauh ini.Bosen dgn Nokiyem dan Sunny erection yg gitu2 aja

Laptop super mahal



laptop sejuta dollar?
mak,mending beli rumah kaleee
vertu nya laptop kayaknya
sesuai dgn reviewnya,target pasar laptop ini untuk orang2 seperti Paris Hilton
So orang2 yg tinggal di bumi kayak kita,gak masuk itungan wakakaka
Selengkapnya cek disini

Start bloggin'

Basi ya?baru mulai blogging.gak juga sih.sebelumnya dah ngeblog ditempat laen
Well,everyone needs a place to share their thoughts
Soft side?Whatever